Post By Email

Post by Email is a way of publishing posts on your blog by email. Any email client can be used to send the email, allowing you to publish quickly and easily from devices such as cell phones. Please note you can only publish to one blog using one e-mail message at a time.

The instructions from this guide are referring to the WP Admin dashboard. You can get to this dashboard by adding /wp-admin to the end of your site’s url (e.g.: example.wordpress.com/wp-admin)

Generating a Post by Email Address

Before you can publish by email, you must generate a special email address. This address is unique to you and must be kept secret (anyone that knows the email address can publish a post to your blog).

Sumber Lain :

https://en.support.wordpress.com/post-by-email/

Membuat peta Google Map di WordPress

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk memasang peta google maps pada wordpress.

  1. Masuk ke halaman Google Maps
  2. Tentukan lokasi yang akan di embed atau di pasang pada wordpress .
  3. Setelah menemukan lokasi yang tepat, klik tombol share atau bagikan.1-setelah-menemukan-lokasi-yang-tepat-klik-tombol-share-atau-bagikan-menambahkan-google-maps
  4. Agar bisa memasang Google maps di wordpress, pada bagian share/bagikan kita pilih embed maps. Dan kita bisa tentukan ukurannya, mulai dari yang kecil, sedang dan besar atau bisa menggunakan custom size untuk menyesuaikan ukuran sesuai kehendak kita, seperti gambar dibawah ini :2-agar-bisa-memasang-google-maps-di-wordpress-pada-bagian-share-atau-bagikan-kita-pilih-embed-maps-menambah-maps
  5. Setelah selesai menentukan ukuran peta kemudian copy Kode Frame. Selanjutnya adalah memasang Google maps di wordpress, kita bisa tempatkan pada postingan atau bisa di letakan pada widget wordpress, tergantung kebutuhan kita. Jika ingin memasang Google maps di postingan, kita bisa letakan kode frame langsung pada postingan wordpress pada Mode Text di kolom postingan. Seperti gambar dibawah ini :3-setelah-selesai-menentukan-ukuran-peta-kemudian-copy-kode-frame-nya-menambahkan-maps
  6. Lakukan pratinjauan terlebih dahulu, apakah ukuran peta sudah sesuai pada bisang posting. Jika masih belum sesuai anda masih bisa merubah ukuran dengan mengedit angka “Widht” atau “Height” pada kode frame, Kemudian update.

Membuat Contact Form di WordPress

  1. Pilih Pages → Add New → Add new Page (Tentukan halaman yang akan dibuat) → Add Contact Form.
    form-kontak1
  2. Jika kotak dialog Form Kontak sudah tampil, silakan Anda setting semuanya sesuai dengan kebutuhan. Secara default tampilan Form Kontak WordPress terdiri dari :
  • Field Nama(form untuk mengisi nama pengirim pesan).
  • Field Email(form untuk mengisi alamat email pengirim pesan).
  • Field Website(form untuk mengisi alamat web pengirim pesan).
  • Field Komentar(form terakhir untuk mengisi isi pesan dari pengirim).
  • Jika Field default masih kurang, artinya Anda ingin menambah field lagi caranya klik Add a new field. Namun jika Anda ingin menghapus field, Anda klik tanda strip (-) pada sebelah kanan masing-masing field yang ingin Anda hapus.

1

22

33

      3. Jika sudah selesai Anda setting pada tab

Form builder

      , jangan lupa untuk melakukan pengaturan juga pada tab

Email notifications

    . Tab ini berfungi untuk pengaturan email notifikasi, artinya jika ada pesan yang masuk melalu form kontak WordPress maka isi pesannya akan masuk ke email Anda.

44

4. Langkah terakhir jika semua pengaturan sudah cukup, Anda dapat langsung Publish.

55

66