Sejarah dan Perkembangan WordPress

matt-mullenwegMetthew Charles Mullenweg dikenal dengan Matt Mullenweg (lahir di Houston, Texas, Amerika Serikat, 11 januari 1984; umur 32 tahun) adalah pendiri sekaligus pengembang prangkat lunak WordPress. Meskipun studinya bukan dibidang teknologi komputer dan programming, Matt berhasil mendirikan dan mengembangkan software yang kini sangat terkenal yaitu WordPress.com, Akismet dan bisnis Automattic-nya.

        Sejarah wordpress bermula saat Matt berusia 18 tahun (2002). Ketika itu, Matt baru mulai menggunakan fasilitas blog b2cafelog.org untuk mempublikasikan foto-fotonya, namun berapa bulan kemudian blog bbpress berhenti mengembangkan softwarenya. Karena kondisi seperti itu, muncullah pemikiran kreatif dari Matt. Pada Januari 2003 Matt bersama Mike Little mulai aktif mengembangkan coding WordPress berbasis b2. Hingga lahirlah WordPress versi 0.70 pada 27 Mei 2003 yang masih mengandung struktur file yang sama dengan pendahulunya, b2cafelog. Nama WordPress diusulkan oleh teman Matt yaitu Christine Selleck.

        Setahun kemudian WordPress meluncurkan fasilitas Ping-O-Matic yang berguna untuk mengirim pin notifikasi kepada search engine blog seperti Technorati. Pada tahun 2007 Matt dinobatkan sebagai 16 dari “50 orang terpenting di Dunia Internet” oleh PC World. WordPress saat ini menjadi platform content management system (CMS) bagi beberapa situs web ternama seperti CNN, Reuters, The New York Times, TechCrunch dan lainnya. rilis terbaru wordpress adalah versi 4.1.1 (18 Februari 2015).

WordPress didistribusikan dengan Lisensi Publik Umum GNU.

Advertisements